DAHSYATNYA WAKTU SUBUH

Januari 15, 2009 at 10:43 pm 6 komentar

 

DAHSYATNYA SHALAT SUBUH

DAHSYATNYA SHALAT SUBUH

Dibalik pelaksanaan dua rekaat di ambang fajar, tersimpan rahasia yang menakjubkan. Banyak permasalahan yang bila dirunut, bersumber dari pelaksanaan shalat subuh yang disepelekan. Itulah sebabnya, para shabat Nabi berusaha sekuat tenaga agar tidak kehilangan waktu emas itu. Pernah, suatu ketika mereka terlambat shalat subuh dalam penaklukan benteng Tsatar. “Tragedi” ini membuat sahabat semisal Anas bin Malik selalu menangis bila mengenangnya. Kemudian Anas berkata, “Buat apa Tsatar? sungguh shalat subuh telah berlalu dariku. Sepanjang usia, aku tidak akan bahagia seandainya duunia diberikan kepadaku sebagai ganti shalat ini!”

 

Yang menarik, subuh ternyata juga menjadi waktu peralihan dari era jahiliyah menuju era tauhid. Kaum ‘Ad , Tsamud, kaum durhaka lainya dilibas pada waktu subuh dan sebagai penanda berakhirnya dominasi jahiliyah dan munculnya cahaya tauhid .

shalat yang agung ini benar-benar memiliki daya tarik, karena kedudukan dalam Islam dan nilainya yang tinggi dalam syariat. Banyak sekali hadits yang mendorong untuk melaksanakan shalat subuh, dan menyanjung mereka yang menjaganya. Rasullullah bersabd:

” Dua rakaat fajar (shalat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya” (HR. Muslim)

“………., Dan jika mereka mengetahui apa yang tersimpan di dalam shalat subuh dan isya’ maka mereka akam mendatanginya walau dengan merangkak (HR. Bukhari)

Lalu…….. Apa yang menghalangi kita shalat subuh? bukankah ia menjadi bagian yang begitu besar dibandingkan dunia?

Shalat subuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya di Hari Kiamat. Di hari itu, semua sumber cahaya di dunia akan dipadamkan. Darimana orang-orang mukmin mendapatkan cahaya agung pada hari yang sangat gelap itu? cahaya tiu adalah janji Allah sebagi balasan bagi amal-amal mereka. Diantara amalan itu adalah : Subuh berjamaah. Rasullullah bersabda:

“Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan(subuh dan Isya’) menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat” (HR. Abu Dauwud, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Pernah, salah seorang penguasa Yahudi, menyatakan bahwa mereka tidak takut dengan orang Islam kecuali pada satu hal. Ialah bila jumlah jamaah shalat subuh menyamai jumlah jamaah shalat jum’at. Ungkapan penguasa Yahudi tersebut berhubungan dengan kondisi umat Islam sekarang yang tengah dibantai di jalur gaza tanpa rasa takut terhadap keberadaan muslimin yang besar di Timur Tengah. Orang Yahudi lebih jeli terhadap kondisi kita daripada diri kita sendiri.

Coba kita merenung. Kalau seandainya ada seorang kaya raya berjanji akan memberi anda uang setiap hari pada pukul empat pagi sebesar 1  juta rupiah jika anda datang tepat waktunya, apakah anda mendatanginya? Apakah anda akan beralasan bahwa anda tidur terlambat, atau karena anda terikat dengan janji setelahnya, sehigga anda tidak bisa datang?

Coba bayangka, setelah anda benar-benar datang kepadanya dan mendapat 1 juta rupiah. Anda akan mendapat 365 juta selama setahun. Silakan anda jawab pertanyaan ini dengan jujur:

“Apakah anda senang masuk liang lahat dengan membawa uang 365 juta dan anda tidak melaksanakan shalat subuh walau sekalipun? Ataukah lebih utama bila anda masuk ke liang lahat dengan membawa 365 shalat subuh, dan anda tidak bawa uang walau hanya seribu rupiah?”. Padahal Rasulullah menyatakan bahwa 2 rakaat sebelum fajar lebih baik dari pada dunia beserta isinya.

Setelah kita jabarkan mengenai keutamaan sholat subuh dengan dalilnya, maka apa yang menyebabkan kita menunda-nunda pelaksanaan shalat subuh berjamaah di masjid. Apakah kita menunggu sampai ajal menjemput?.

About these ads

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

JIHAD SEBAGAI PASSWORD MENUJU SORGA AHMADINEJAD KECAM ARAB

6 Komentar Add your own

  • 1. bootingskBlog  |  Januari 17, 2009 pukul 8:49 am

    Wah.. luar biasa keistimewaan shalat subuh bagi mereka yang mengetahui, tapi tetap saja saya susahnya minta ampun untuk bangun shalat subuh.

  • 2. nawwaf  |  Januari 24, 2009 pukul 11:40 am

    memang susah, tapi saya udah menjawab komentar anda pada postingan dengan judul tips… dan tidur…, untuk pembaca yang lain bisa baca dipostingan

  • 3. M Shodiq Mustika  |  Februari 1, 2009 pukul 1:23 pm

    kadang orang kok ga tau yah istimewa nya waktu subuh itu
    saya punya buku nya ” istimewa nya waktu subuh ”

  • 4. bambang tresno  |  Februari 27, 2010 pukul 9:13 am

    kalau sholat shubuh ga berjamaah gimana thu?apa tetep mendapatkan keistimiwaanya?

  • 5. Akhmad Tefur  |  Januari 1, 2011 pukul 12:59 am

    Betapa sedihnya mellihat pemandangan masjid kosong di waktu Subuh. Salam kenal.

  • 6. ujang sulaiman  |  Maret 19, 2011 pukul 10:24 pm

    ya, lapor dan mengadulah kita kepada Yang Punya Dunia dengan seisinya sbelum beraktifitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


YM Online

Flickr Photos

Picture

More Photos
sunatullah.com

kalender posting

Januari 2009
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: