PUASA PADA BULAN MUHARRAM

Januari 6, 2009 at 12:46 pm 1 komentar

Saat ini kita memasuki bulan Muharrom, Pada bulan Muharram ada satu hari yang dikenal dengan sebutan hari ‘Asyura. Orang-orang jahiliyah pada masa pra Islam dan bangsa Yahudi sangat memuliakan hari ini. Hal tersebut karena pada hari ini Allah Subhanahu wata’ala selamatkan Nabi Musa ‘alaihis salam dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya. Bersyukur atas karunia Allah Subhanahu wata’ala kepadanya, Nabi Musa alaihis salam akhirnya berpuasa pada hari ini. Tatkala sampai berita ini kepada Nabi kita shalallaahu ‘alaihi wassalam, melalui orang-orang Yahudi yang tinggal di Madinah beliau shalallaahu ‘alaihi wassalam bersabda,

1. “Saya lebih berhak mengikuti Musa dari kalian (kaum Yahudi)”

2. “Aku tidak pernah mendapati Rasulullah menjaga puasa suatu hari karena keutamaannya dibandingkan hari-hari yang lain kecuali hari ini yaitu hari ‘Asyura dan bulan ini yaitu bulan Ramadhan”. HR Bukhari Muslim

Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan haram, adapun bulan haram itu adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab, hal ini telah disebutkan di dalam Al-Qur’an. Allah Ta’ala berfirman:
“Sesunggunhnya jumlah bulan di Kitabullah (Al-Quran) itu ada dua belas bulan sejak Allah menciptakan langit dan bumi, empat diantaranya adalah bulan-bulan haram” (QS. At Taubah: 36).

ASBABUL NUZUL PUASA MUHARRAM

Para Sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mereka mengerti dan tahu persis bahwa orang-orang Yahudi benar-benar memuliakan hari tersebut, maka dari itu mereka berkata kepada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- : “Ya Rasulullah, sesungguhnya Asyura’ itu adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan Nasrani”, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tahun depan insya Allah kita akan puasa (asyura’).”
(HR. Muslim(1134) dari Ibnu Abbas).

KEUTAMAAN PUASA MUHARRAM

Dalam hadits beliau menjelaskan bahwa puasa pada bulan Muharram bisa menghapuskan dosa-dosa setahun yang telah lewat, sebagaimana hadits dari Abu Qatadah radliyallaahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa Asyura’, maka beliau menjawab: “Ia menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim (1162), Ahmad 5/296, 297).

WAKTU PUASA MUHARRAM

Jumhur ulama dari kalangan salaf dan khalaf berpendapat bahwa hari ‘Asyura adalah hari ke-10 di bulan Muharram. Di antara mereka adalah Said bin Musayyib, Al Hasan Al Bashri, Malik, Ahmad, Ishaq dan yang lainnya. Dan dikalangan ulama kontemporer seperti Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Rahimahullah. Pada hari inilah Rasullah shalallaahu ‘alaihi wassalam semasa hidupnya melaksanakan puasa ‘Asyura. Dan kurang lebih setahun sebelum wafatnya, beliau shalallaahu ‘alaihi wassalam bersabda,

Demikian siar ini dapat disampaikan semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua dan semoga kita diberikan kekokohan dan kekuatan sehingga kita bisa bersungguh-sungguh menyambutnya kemudian kita melaksanakan.

“Jikalau masih ada umurku tahun depan, aku akan berpuasa tanggal sembilan (Muharram)”
Para ulama berpendapat perkataan Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam, “…aku akan berpuasa tanggal sembilan (Muharram)”, mengandung kemungkinan beliau ingin memindahkan puasa tanggal 10 ke tanggal 9 Muharram dan beliau ingin menggabungkan keduanya dalam pelaksanaan puasa ‘Asyura. Tapi ketika Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam ternyata wafat sebelum itu maka yang paling selamat adalah puasa pada kedua hari tersebut sekaligus, tanggal 9 dan 10 Muharram.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

PENETRASI SELLULAIR BANTU PALESTINA

1 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


YM Online

Flickr Photos

Picture

Lebih Banyak Foto
sunatullah.com

kalender posting

Januari 2009
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: