BETAUHIDKAN IBLIS

Januari 14, 2009 at 9:41 am Tinggalkan komentar

Allah swt. berfirman kepada segenap malaikat-Nya yang berada di surga, bahwa Dia akan menciptakan makhluq bernama manusia yang terbuat dari tanah yang didalamnya ditiupkan roh sehingga makhluq itu menjadi hidup. Ketika Nabi Adam telah sempurna maka Allah menyeru kepada malaikat dan Iblis untuk bersujud dan menghormati Nabi Adam. Kesombongan Iblis menjadikan menolak perintah Allah dan menyebabkan kemurkaan-NYa. Hal yang demikian telah dinyatakan dalam Alquran surat Shaad ayat 71-81.

Dari sini kita tahu, bahwa penolakan Iblis terhadap perintah Allah menjadikan si kafir yang angkur serta diusir keluar dari sorga. Sebelum dia turun dari surga dia mengajukan permohonan kepada Allah supaya dipanjangkan umurn

ya, sampai datangnya hari pembalasan (hari kiamat).

Permohonan Iblis sebagai wujud permintaan hamba kepada rob-Nya. Iblis sangat tahu bahwasannya permintaan panjang umur ini yang hanya bisa mewujudkan adalah Allah swt sebagai Yang Maha Pencipta. Ketahuhidan Iblis ini hanya dimohonkan kepada Allah bukan kepada yang lain. Apakah Iblis benar-benar bertahid?

Tauhid secara bahasa arab merupakan bentuk masdar dari fi’il wahhada-yuwahhidu (dengan huruf ha di tasydid), yang artinya menjadikan sesuatu satu saja. Syaikh Ibnu Sholeh Al Utsaimin berkata: “Makna ini tidak tepat kecuali diikuti dengan penafian. Yaitu menafikan segala sesuatu selain sesuatu yang kita jadikan satu saja, kemudian baru menetapkannya” . Dari hasil pengkajian terhadap dalil-dalil tauhid yang dilakukan para ulama sejak dahulu hingga sekarang, mereka menyimpulkan bahwa ada tauhid terbagi menjadi 3 aspek: Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah dan Tauhid Nama dan Sifat Allah.

1. Tauhid Rububiyyah adalah mentauhidkan Allah dengan amalan dan penyataan yang tegas bahwa Allah Ta’ala adalah Tuhan, Raja, Pencipta semua makhluk.

Dalilnya:

Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dan Mengadakan gelap dan terang” (Al An’am: 1)

Sungguh jika kamu bertanya kepada mereka (orang-orang kafir jahiliyah), ’Siapa yang telah menciptakan mereka?’, niscaya mereka akan menjawab ‘Allah’ ”. (Az Zukhruf: 87)

2. Tauhid Uluhiyyah adalah mentauhidkan Allah dalam segala bentuk peribadahan baik yang zhahir maupun batin (Lihat Al Jadid Syarh Kitab Tauhid). Dalilnya:

Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan” (Al Fatihah: 5)

Jadi Iblis hanya mentauhidkan Allah secara Rububiyah tetapi secara Uluhiyah tidak dilaksanakannya, hal ini dapat dibuktikan dari penolakan perintah Allah. menurut Syaikh DR. Shalih Al Fauzan berkata: “Dari tiga bagian tauhid ini yang paling ditekankan adalah tauhid uluhiyah. Karena ini adalah misi dakwah para rasul, dan alasan diturunkannya kitab-kitab suci, dan alasan ditegakkannya jihad di jalan Allah. Semua itu adalah agar hanya Allah saja yang disembah, dan agar penghambaan kepada selainNya ditinggalkan” 

3. Sedangkan Tauhid Nama dan Sifat Allah adalah mentauhidkan AllahTa’ala dengan nama dan sifat yang telah Ia tetapkan bagi dirinya dalam Al Qur’an dan Hadits Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam. Bertauhid nama dalam dan sifat Allah ialah dengan cara menetapkan nama dan sifat yang Allah tetapkan bagi dirinya dan menafikan nama dan sifat yang Allah nafikan dari dirinya, dengan tanpa tahrif, tanpa ta’thil dan tanpa takyif . Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

Hanya milik Allah nama-nama yang husna, maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama-Nya” (Al A’raf: 180)

karena kekufuran, kesombongan, dan pembangkangan ini merupakan sebab batalnya ketauhidan Iblis kepada Allah.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

KEBERADAAN NABI ADAM DALAM AL-QURAN JIHAD SEBAGAI PASSWORD MENUJU SORGA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


YM Online

Flickr Photos

Picture

Lebih Banyak Foto
sunatullah.com

kalender posting

Januari 2009
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: