RECEP ERDOGAN PAHLAWAN PALESTINA

Januari 31, 2009 at 12:49 pm Tinggalkan komentar

erdoganRecep Tayyip Erdoğan, pemimpin dari Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai Adalet ve Kalkinma , atau AK) merupakan salah satu politisi Turki  paling populer. Ketika itu pada bulan November 2002, ia tidak dapat menjadi perdana menteri karena ia dilarang dari memegang jabatan politik. Lahir di 1954, di kota Rize di Turki dari pantai Laut Hitam. Dia menghadiri sekolah Islam sebelum memperoleh gelar sarjana manajemen dari Istanbul dari Marmara University – dan bermain sepak bola profesional.

Bergabung dengan gerakan Islamis

Sementara di universitas, dia bertemu Necmettin Erbakan – yang kemudian menjadi perdana menteri pertama Islamis  – dan memasuki Turki dari gerakan Islamis. Erdogan pertama bersentuhan dengan hukum  setelah kup militer di tahun 1980, ketika ia bekerja untuk Istanbul dari otoritas transportasi.  karir politiknya di Partai Kesejahteraan, sebagai partai islamyang terkenal dilarang sampai pada tahun 1998, telah berkembang pesat. Pada tahun 1994,  Erdogan menjadi Walikota Istanbul. Llatar belakang dan komitmen nilai-nilai Islam juga menarik sebagian besar Muslim taat Turki yang telah ditentang oleh negara.

Keyakinan

Dia telah menghindari isu pakaian bagi perempuan Islam dengan mengatakan ia tidak akan membawa istri sendiri yang memakai sebuah jilbab untuk fungsi resmi.

Erdogan, yang pernah menjadi tokoh Islam dan sebagai walikota Istanbul, melarang alkohol diperjual-belikan di berbagai kafetaria dan mendesak rakyat Turki agar memilih antara Islam dan sekulerisme. Ia mendirikan AKP pada 2001 bersama anggota moderat partai Islam –tempat asal Erdogan sebelum partai itu dilarang karena melancarkan kegiatan anti-sekuler.

Keberania

Sementara itu, ribuan pendukungnya berpawai buat Erdogan sementara Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS), Jumat, memuji “sikap beraninya.Pengikutnya mengibarkan bendera Palestina dan Turki di bandar udara Istanbul, setelah ia meninggalkan podium di hadapan Shimon Peres dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon di Forum Ekonomi Daunia di Davos, Swiss, Kamis malam (29/1).

Saat Erdogan menjadi berita utama berbagai harian di seluruh Eropa dan Timur Tengah, kantor Peres menampik pernyataan para pejabat Turki bahwa Presiden Israel tersebut telah meminta ma`af.Turki adalah salah satu sekutu langka Israel di dunia Muslim tapi Erdogan telah menjadi pengeritik tajam agresi militer 22-hari negara Yahudi itu ke daerah yang dikuasai HAMAS, Jalur Gaza, sehingga menewaskan lebih dari 1.300 orang Palestina.

Ia mengeluh bahwa Peres telah diberi lebih banyak waktu untuk berbicara dibandingkan dengan anggota lain panel Davos yang membahas perang di Jalur Gaza.Erdogan juga mengeritik pemirsa internasional karena memuji pembelaan emosional pemimpin veteran Israel tersebut atas serangan itu, yang “dikatakan ditujukan untuk menghentikan serangan roket HAMAS (Haraqat Al-Muqawwamah Al-Islamiyah).

Peres, seorang peraih hadiah Nobel Perdamaian, mengatakan Israel “tak mempunyai pilihan lain”, dan, sambil menudingkan jarinya ke arah Erdogan, mengatakan Perdana Menteri tersebut akan melakukan tindakan serupa “kalau roket jatuh di Istanbul setiap malam”.Pemimpin Turki itu, yang telah mengupayakan peran pembuat perdamaian dalam konflik Timur Tengah, mengatakan Israel telah melancarkan tindakan barbar di Jalur Gaza sebelum ia pergi.

Setibanya di Istanbul, Erdogan tidak meminta ma`af atas tindakannya.”Saya melakukan apa yang harus saya lakukan,” ia mengatakan kepada wartawan di bandar udara sebagaimana dikutip AFP. “Saya tak dapat terus bersikap apatis ketika sampai pada tahap ini, itu bukan sifat saya. Saya terikat kewajiban untuk membela kehormatan negara saya.”

Erdogan mengatakan jauh di lubuk hatinya, ia “bukan diplomat tapi politikus”.Sementara itu, HAMAS, yang telah mempertahankan kontak dengan para pemimpin Turki sekalipun organisasi tersebut dimasukkan ke dalam daftar organisasi teror oleh kebanyakan negara Barat, memuji Erdogan.”HAMAS memberi penghormatan atas sikap berani Perdana Menteri Turki … yang di Davos baru-baru ini membela para korban perang kriminal Zionis terhadap anak-anak dan perempuan di Jalur Gaza,” kata jurubicara HAMAS Fawzi Barhoum.

“Kami menganggap kepergiannya dari ruang itu sebagai ungkapan dukungan bagi korban Holocaust yang dilakukan oleh Zionis,” kata Barhoum dalam satu pernyataan.Harian Uni Emirat Arab, Al-Khaleej, menurunkan berita utama yang mengatakan Erdogan meninggalkan podium setelah ia “menyampaikan Holocaust Israel di Jalur Gaza dan membela rakyat Palestina”.

Sementara itu Presiden Abdullah Gul membela sikap Perdana Menteri Turki tersebut, dan mengatakan, “Ia memberi tanggapan yang mesti diberitakan atas sikap tak menghormati.”Militer Turki, yang berpengaruh dan memiliki serangkaian kesepakatan kerja sama dengan militer Israel, mengisyaratkan hubungan erat itu akan berlanjut, dan menegaskan “kepentingan nasional”

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

PENCIPTAAN MANUSIA IMAN BUKAN KEPERCAYAAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


YM Online

Flickr Photos

Picture

Lebih Banyak Foto
sunatullah.com

kalender posting

Januari 2009
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: