PERDAGANGAN MANUSIA GAYA BARU

Februari 9, 2009 at 8:58 am 1 komentar

 

tkwBeberapa ceritaku tentang TKW memang selalu tragis. Dan ini menurutku paling tragis. Pedagangan manusia di jaman modern ini memang sangat rapi. Tidak seperti dulu yang dalam bayangan kita, di jejer di pasar kemudian diberikan bandrol harga.

Informasi ini tentu saja valid. Aku langsung mendapatkan langsung dari orang yang memang mengurusi hal ini dan tahu benar seluk beluk perdagangn versi modern ini.

Proses Penjualan

Majikan datang ke sebuah agensi penyaluran TKW. Ketika datang dan menyampaikan maksud, ia ditawarkan 2 hal, yaitu mengambil pembantu baru dan mengambil pembantu yang ada di Kuwait yang tentunya sudah berpengalaman.

1. Mengambil pembantu baru

Harga yang dipatok untuk penawaran jenis ini, majikan diwajibkan membayar sebesar 360 Dinar (12 Juta rupiah), tapi harus menunggu sekitar 1 bulan untuk mendatangkan TKW yang dia inginkan. Dan sebagai DP, ia boleh membayar antara 10 KD (300 ribuan) sampai dengan 20 KD(600 ribuan) kemudian dilunasi setelah ia menerima TKW yang ia pengen.

Tentunya, majikan ini akan memilih dengan melihat-lihat biodata si pembantu. Biodatanya bisa tertulis jumlah anak, apa ia sudah berkeluarga atau belum, umur, dan tentu saja fotonya.

Syarat-syarat tertulis yang ada biasanya:

  • Jika dalam kurang dari 6 bulan majikan sudah mengeluh akan TKW, maka ia boleh mengembalikan TKW tersebut, dan uangnya akan dikembalikan dengan perhitungan, tiap bulan dikurang 10 KD (300 ribuan).Jadi, jika TKW baru bekerja selama 2 bulan, dan si majikan sudah tidak sreg, ia bisa mengembalikan lagi ke agensi. Karena ia membayar sebesar 360 DInar, dan ia sudah memperkerjakan TKW selama 2 bulan, maka uang yang dikembalikan adalah 340 dinar.Dan dari jangka waktu 6 bulan ini, ada 2 jatah agensi. Jika kurang dari 3 bulan, maka agensi di Indonesia harus mengembalikan uang yang telah dibayar agensi di Kuwait. Untuk ini, aku tidak tahu persis perhitungannya. Dan jika lebih dari 3 bulan, maka yang bertanggung jawab mengembalikan uang si majikan adalah agensi yang berada di Kuwait.
  • Jika sudah lebih dari 6 bulan si majikan tidak puas dengan kerjaan si TKW, maka TKW bukan lagi menjadi tanggung jawab si agensi. Agensi sudah tidak akan mengembalikan lagi uang si majikan.Daaaan… ternyata…Untuk mengembalikan uangnya lagi, maka si majikan bisa saja menjualnya ke agensi lain yang rata-rata sebesar 250 KD (8,2 jutaan). Tergantung kondisi barang. Halah.

2. Mengambil TKW yang berpengalaman

Pengalaman di sini bisa diartikan, pembantu yang bekerja kurang dari 6 bulan di majikan pertama. Karena masih dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan, maka TKW ditampung di agensi.

Untuk mendapatkan TKW yang berpengalaman ini, si majikan diharuskan membayar sebesar 400 dinar. Kenapa lebih mahal? karena biasanya pembantu ini sudah bisa berbahasa arab walaupun hanya sedikit. Tapi rata-rata bisa lancar berbahasa arab.

Jika ternyata majikan tidak juga puas dengan pekerjaan TKW, maka seperti kasus di atas, ia akan menjualnya lagi di agensi lain.

Sungguh mengerikan!

Dari cerita-cerita ini, aku bertanya banyak hal. Dimana peran pemerintah Indonesia dan Kuwait?

Perlu diketahui juga, bahwasanya setiap bulan, TKW yang datang ke Kuwait sebanyak lebih dari 500 orang. Dan itu pasti! Dan dari jangka waktu sebulan itu, TKW yang pulang ke tanah air hanya sebanyak 3 – 7 orang tiap bulan.

Itu baru Kuwait. Belum lagi negara seperti Arab Saudi, Emirat, dan negara-negara arab lain. Mungkin dalam bayanganku, bisa jadi minimal ada 1000 orang TKW yang diimpor dari Indonesia ke daerah Arab.

Kita bisa apa?

Tidak mengherankan bukan, jika nama Indonesia di negara arab bukanlah nama yang harum di telinga mereka. Indonesia adalah negara pembantu. Titik.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

RAHASIA KERJA TUHAN AMIRIKA MEMBUKTIKAN KERASULAN MUHAMMAD

1 Komentar Add your own

  • 1. watdefak  |  Maret 4, 2009 pukul 10:56 pm

    Gila nih orang, nulis tulisan begini…
    malu sama indonesia? malu sama TKI?

    bilang aja situ ngebelain ARAB yang suka nyiksa TKI, dasar ARAB GILA LO babi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


YM Online

Flickr Photos

Picture

Lebih Banyak Foto
sunatullah.com

kalender posting

Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

%d blogger menyukai ini: