JIHAD DI YAMAN

Januari 28, 2010 at 10:26 am Tinggalkan komentar

peta yaman

Ulama Yaman Serukan Jihad Bila Ada Intervensi Militer Asing

Ulama-ulama Yaman telah mengeluarkan fatwa perlunya berjihad jika ada intervensi militer asing dalam hal ini bila tentara Amerika datang.

“Bila ada kelompok yang berupaya melakukan agresi atau penyerbuan suatu negeri, maka menurut Islam jihad menjadi wajib,” demikian isi pernyataan yang ditandatangani 150 ulama-ulama Yaman termasuk ulama karismatik Sheikh Zindani dan dibacakan dalam sebuah konfrensi press pada hari Kamis 14 Januari.

Disejumlah wilayah Yaman memang tengah terjadi pergolakan. di daerah utara yang berbatasan dengan Arab Saudi, militer Yaman bersama militer Arab Saudi sedang menghadapi pemberontak Houthi yang berhaluan Syiah.

Sementara di sisi yang lain pejuang Al Qaeda juga dikabarkan tengah memiliki posisi yang kuat.
Akhir tahun lalu pihak Amerika dikabarkan mulai bermain dalam konflik di Yaman menyusul pemberitaan penggunaan pesawat tak berawaknya untuk menyerang basis pejuang Al Qaeda yang berada di daerah selatan.

Fatwa dari ulama-ulama Yaman ini hanya sehari berselang setelah senator senior asal Partai Demokrat Carl Levin meminta pemerintah Barack Obama untuk meningkatkan serangan pesawat tak berawak atau drone di Yaman.

Senator asal negara bagian Michigan ini berpendapat bahwa bantuan serangan kepada pemerintahan Yaman diperlukan sebagai bantuan militer AS kepada Yaman karena adanya ancaman dari Al Qaeda.

Hari Kamis ini pula pemerintah Yaman menyatakan perang terbuka terhadap pejuang yang mereka sebut Al Qaeda Yaman dan memperingatkan warganya untuk tidak mendukung Al Qaeda dan bekerjasama dengan tentara pemerintah.

Yaman ‘wajib menolak kedatangan pasukan asing’

Menanggapi kemungkinan adanya intervensi asing di Yaman, beberapa ulama di Yaman akhirnya mengambil tindakan dengan menyatakan bahwa secara syariat Yaman memiliki kewajiban untuk menolak intervensi tersebut.

“Dalam keadaan dimana pihak asing memaksakan permusuhan, serangan, intervensi militer atau keamanan di Yaman, maka Islam mengharuskan semua pengikutnya untuk melaksanakan jihad,” begitu bunyi pernyataan yang ditandatangani oleh 150 ulama hari Kamis ini.

Pemerintahan asing memang secara terus menerus menyuarakan adanya perhatian lebih terhadap situasi di Yaman sejak percobaan serangan terhadap sebuah pesawat milik maskapai penerbangan AS bulan desember lalu, yang diklaim oleh Al-Qaeda di Semenanjung Arab sebagai aksi salah satu anggota mereka.

Muhammad Vall, wartawan Al Jazeera di Sana’a, ibukota Yaman, mengatakan bahwa ‘keputusan para pemimpin keagamaan untuk menentang intervensi militer akan membawa masalah besar bagi Yaman.

“Dalam masyarakat yang sangat konservatif atau masyarakat dengan latar belakang keagamaan seperti di Yaman, perkataan para ulama adalah perkataan yang benar-benar bergaung di kalangan massa dan bukan perkataan para politisi. Dan hari ini para ulama dari Yaman telah mengumumkan keputusan mereka,” kata Vall.
Para ulama mengatakan bahwa pendapat mereka ini sejalan dengan sebagian besar masyarakat Yaman dan pemerintah Shan’a.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

FAKTA FAKTA KEUNGGULAN ISLAM ALAT WUDHU OTOMATIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


YM Online

Flickr Photos

Picture

Lebih Banyak Foto
sunatullah.com

kalender posting

Januari 2010
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: